decre's blog
Ini Dia 5 Penyebab Mata Minus Yang Belum Disadari Orang
June 8, 2019 Comments..0

Mata minus/rabun jauh (miopi) merupakan dimana kondisi mata terlihat gak jelas ketika melihat jarak jauh. Memang sedikit merepotkan jika mengalami mata mata minus ini, pasalnya kamu harus selalu menggunakan kacamata sebagai alat bantu.

Kacamata yang biasanya digunakan oleh penderita mata minus ialah kacamata negatif (lensa cekung). Mata minus bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang beragam.

  • Terlalu memaksakan mata bekerja keras secara continue

Penyebab yang paling umum terjadi ialah kamu terlalu memaksakan mata untuk melihat sesuatu dengan jarak yang relatif dekat dan dengan intensitas tinggi. Seperti halnya untuk memainkan handphone, di depan komputer berlama-lama, membaca buku dengan jarak dekat dan lain sebagainya.

Memaksakan mata melihat dalam jarak dekat terlalu lama dan bahkan sering tersebut akhirnya membuat mata meregang.

  • Faktor usia: anak-anak akan lebih pesat bertambah tingkatan minusnya dibanding dewasa

Terlebih ketika masih berusia di bawah 18 tahun, yang notabene masih masa pertumbuhan. Jika tidak diatur dengan pola hidup sehat, semisal main game berlebihan, sambil tiduran dan jarak dekat, akan semakin besar kemungkinan terkena mata minus dan dengan kondisi minus yang terus bertambah, karena didorong oleh pertumbuhan. Ketika anak-anak badannya makin tinggi, otomatis bola matanya akan bertambah besar.

Oleh sebab itu, jika anak-anak telah mengalami mata minus, hendaknya diperiksakan ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Namun yang harus kamu tahu, tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa terkena mata minus, jika tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dan teratur.

  • Kurang paparan sinar matahari

Selain makanan, matahari adalah sumber vitamin D terbaik. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari, tak hanya untuk menutrisi kulit namun juga untuk menjaga kesehatan mata. Karena, seseorang yang mengalami mata minus salah satu penyebabnya kekurangan vitamin D dalam tubuhnya.

Namun yang harus kamu tahu, terkena paparan sinar matahari terlalu berlebih pun bukan hal yang baik. Karena dapat mengakibatkan penyakit lainnya, seperti kanker kulit dan mata katarak.

  • Faktor keturunan (genetik)

Tidak bisa ditampik, memang faktor genetik pun merupakan penyebab dari seseorang menderita mata minus atau rabun jauh. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasin oleh Molecular Vision: Biology and Genetics in Vision Research: bahwa jika orangtuanya mengalami mata minus, maka 43.6% kemungkinan anaknya akan mengalami hal yang sama.

  • Faktor lingkungan

Faktor lingkungan menjadi penyebab seseorang terkena mata minus juga. Semisal seseorang yang mengharuskan bekerja di dalam ruangan dan di depan komputer secara continue.

Orang tersebut harus memaksakan tetap di dalam ruangan, melihat layar komputer berlama-lama, mau tidak mau, mata hanya difokuskan untuk melihat jarak dekat saja. Yang pada dasarnya intensitas cahaya di dalam ruangan dan di luar ruangan tentu berbeda.

Nah, itulah hal-hal yang memengaruhi seseorang mengalami mata minus atau miopi. Jika dirasa ada sesuatu yang aneh pada mata kamu semisal tidak bisa melihat secara jelas jarak jauh, segera periksakan ke dokter. Agar tidak terjadi hal yang lebih fatal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.